• Breaking News

    5 November 2012

    Bagaimana Mendapatkan Inspirasi Setiap Hari

    Anda pasti senang jika setiap hari selalu terinspirasi untuk menjadi lebih baik. Namun mendapatkan sebuah inspirasi setiap hari itu tidak mudah. Hari ini kita bisa saja punya inspirasi, tapi di hari lain kita bisa saja tidak mendapatkan inspirasi yang sama. Inilah yang coba saya bangun dalam kehidupan saya. Jadi saya berusaha melakukan suatu hal yang bisa membuat saya memiliki inspirasi setiap hari.
    Beberapa hal yang sudah saya lakukan, akan saya bagi buat Anda semua. Dan hal ini sudah saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari. Alhamdulillah hampir setiap hari saya selalu menemukan inspirasi positif untuk menjalani hidup yang lebih baik. Apa saja yang saya lakukan? Ini dia:
    1. Membaca
    Membaca buat sebagian orang mungkin sesuatu yang kurang menyenangkan. Tapi buat saya itu menjadi salah satu bagian dari gaya hidup yang saya pilih. Membaca itu bukan masalah senang atau tidak senang, suka atau tidak suka, tapi lebih kepada mau atau tidak mau. Jadi kemauan itu modal utamanya, untuk menjadi orang yang gemar membaca.
    Buku agama, motivasi dan pengembangan diri adalah beberapa genre buku yang paling banyak memberikan inspirasi berharga dalam keseharian hidup saya. Bukan hanya buku, saya juga suka membaca artikel yang bertajuk serupa yaitu tentang motivasi, inspirasi dan pengembangan diri. Ada beberapa blog yang sering saya kungjungi seperti motivasi-islami.com milik Rahmat ST, andriewongso.com milik Andrie Wongso, pembelajar.com milik Andrias Harefa, dan masih banyak lagi situs-situs lain baik dalam maupun luar negeri.
    2. Mengajar/berbagi ilmu dengan orang lain
    Saya adalah seorang pendidik, mengajar adalah salah satu aktivitas yang membuat saya belajar bahwa menjadi pendidik itu bukan hanya menyampaikan materi semata tapi ada visi lain yang lebih indah dan lebih mulia dari sekedar mentransfer ilmu pengetahuan.
    Ada satu kalimat inspirasi yang melekat di dalam kepala saya, bunyinya begini "Guru yang biasa-biasa saja memberi tahu. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang bagus menunjukkan bagaimana caranya. Tetapi guru yang luar biasa menginspirasi murid-muridnya." (William A. Ward ) Jadi, mengajar selain memberikan ilmu juga harus memberikan inspirasi. Hal itu jugalah yang akhirnya menginspirasi diri saya untuk terus kreatif, terus belajar dan mengembangkan potensi saya semaksimal mungkin.
    Mengajar pada intinya adalah berbagi ilmu, memotivasi dan menginspirasi orang lain untuk melakukan tindakan positif dan pengembangan diri ke arah yang lebih baik. Jadi, jika Anda merasa memiliki ilmu untuk dibagikan, memiliki kemauan untuk memotivasi dan menginspirasi dan mau membantu orang lain untuk melakukan suatu tindakan positif, itu artinya Anda sudah mengajar/berbagi dengan orang lain. Percayalah jika itu Anda melakukan itu, Insya Allah Anda akan mendapatkan inspirasi positif setiap hari.
    3. Menulis
    Menulis adalah mengikat makna, itulah satu kalimat yang membuat saya sadar bahwa diri saya adalah orang yang penuh keterbatasan. Artinya sebanyak apapun buku yang saya baca, pengetahuan yang saya miliki, keterampilan yang saya kuasai, kalau itu tidak saya ikat, maka dalam beberapa kurun waktu saya bisa lupa. Supaya tidak lupa saya harus mengikatnya. Caranya dengan menuliskan kembali apa yang saya ketahui, kemudian saya bagikan lagi kepada orang lain.
     
    Saya adalah penulis bebas, yaitu penulis yang bebas mempublikasikan tulisannya di mana saja, begitulah saya menyebut diri saya. Melalui tulisan, saya juga merasa selalu mendapat inspirasi yang positif setiap harinya. Bagaimana tidak, setiap hari saya menulis. Jadi bisa saya prediksikan, setiap hari saya akan mendapatkan inspirasi untuk menjadi lebih baik lagi sekarang dan di masa yang akan datang.
    4. Mencintai keluarga
    Keluarga adalah salah satu inspirator terbesar dalam hidup saya untuk bisa menjadi manusia yang lebih sukses. Saya sangat mencintai keluarga saya. Ketika saya tidak semangat, mereka bisa mejadi bahan bakar yang membakar semangat saya supaya terus menggelora.
    Ayah dan ibu, adalah inspirator dan motivator yang senantiasa mengingatkan saya, bahwa tanpa mereka saya bukanlah apa-apa. Dari itulah saya begitu mencintai mereka dan karena mereka saya menjadi rajin dalam segala hal. Di samping orang tua ada satu lagi tokoh sentral yang berperan dalam hidup saya yaitu mantan pacar saya, yang alhamdulillah, sekarang sudah menjadi pendamping hidup saya. Dia adalah wanita yang begitu sabar, sangat perhatian dan sangat sayang dengan suaminya. Rasanya sungguh keterlaluan jika saya tidak memberikan yang terbaik buat istri saya. Karena itulah saya senantiasa berdoa dan berusaha untuk menjadi suami terbaik baginya dan menjadi ayah untuk anak-anak yang dilahirkannya. Intinya, kecintaan saya dengan keluarga telah membuat tindakan saya menjadi lebih bermakna setiap hari.
    5. Berdoa
    Doa adalah pintu gerbang kesuksesan dan kebahagiaan. Tidak ada orang yang tidak butuh doa, semua butuh. Hidupku berubah tidak lepas dari doa, hidupku bahagia tidak lepas dari doa, bisa bertahan dari kondisi yang sulit dengan doa, hampir semua hal dalam hidup, bisa saya capai dengan terus berdoa.
    Apakah menurut Anda ada orang sukses tanpa doa? Tidak ada, Itulah jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jadi doa adalah sebuah pengharapan yang selalu memberikan inspirasi kepada kita bahwa semua doa yang dipanjatkan dan diyakini dengan sungguh-sungguh akan dikabulkan
    6. Bergaul dengan cerdas
    Kalau Anda ingin terinspirasi setiap hari, maka pilihkan pergaulan yang tepat. Ini juga yang saya lakukan setiap hari. Saya tidak  pernah melarang diri saya untuk refreshing. Tapi saya berusaha melarang diri saya untuk pergi kesuatu tempat, atau berkumpul dengan orang yang dalam hidupnya hanya untuk mencari kesenangan dan kenikmatan sesaat saja.
    Demikianlah enam hal untuk mendapatkan inspirasi setiap hari yang sudah saya terapkan dalam hidup saya.

    Rona Binham
    Pendidik dan founder cafemotivasi.com

    1 comment:

    Supercoolzz said...

    makasih tipsnya gan..
    ane coba terapkan untuk mendapatkan banyak ide..:)