• Breaking News

    23 February 2015

    Motivasi Bapak Chairul Tanjung Kepada Pemilik Usaha Sampingan

    Chairul Tanjung
    Pengusaha Chairul Tanjung atau yang akrab disapa CT mengakui banyak orang yang selalu mempertanyakan modal sebelum memulai usaha. Definisi modal yang disampaikannya adalah dalam bentuk uang.
    "Sering saya mendengar dan bertanya kepada saya. Pak bagaimana mungkin kita berusaha, saya nggak punya modal, tolong kasih saya modal," 
    Menurut CT, pola pikir individu tersebut tidak cocok untuk menjadi pengusaha. Alasannya karena tidak memahami esensi dari pengusaha yang sesungguhnya.
    "Kalau Anda mentalnya sudah itu, maka Anda tidak cocok jadi pengusaha. Pengusaha itu namanya pengusaha, usaha itu dengan apa yang dilakukan. Modal harus punya tapi tak selalu uang," jelasnya.
    Banyak hal selain uang yang bisa dijadikan modal, seperti jaringan, kepercayaan dan kejujuran adalah sebuah modal yang harus dipunyai pengusaha.
    "Saya untuk memulai usaha dulu nggak punya modal uang. Awalnya tapi saya punya teman. Teman bisa bantu, jual ke temen lain dan dapat untung," terangnya.
    CT pun mengatakan modal yang terpenting baginya sekarang ini adalah nama baik. Itu akan dipertahankan untuk melanjutkan usahanya.

    "Omongan saya adalah janji. Jadi nama baik saya adalah modal saya sekarang," tukasnya.

    No comments: