• Breaking News

    9 November 2012

    Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Beserta Jawabannya

    Apakah Anda pernah melakukan wawancara untuk tes kerja? Munkin artikel ini dapat membantu anda menghadapi pewancara saat menghadapi tes wawancara. Langsung saja baca sampai selesai.

    1. Bagaimana anda menggambarkan diri anda sendiri?

    Latar belakang pendidikan telah mempersiapkan diri saya untuk menjadi konsultan keuangan yang terbaik yang pernah ada. Baik, akan saya ceritakan secara rinci bagaimana saya mempersiapkan diri saya. Saya adalah sarjana lulusan perguruan tinggi dengan jurusan akuntansi dan keuangan pada universi
    tas X. Saya menguasai teori mengenai investasi dan juga pengalaman kerja di danareksa selama 2 tahun. Kedua hal itu telah mempersiapkan saya secara matang pada pekerjaan ini.

    2. Coba ceritakan tentang diri anda

    • Ceritakan tentang diri anda, tetapi bukan kisah hidup anda
    • Berikan penjelasan singkat seperti pendidikan, target jabatan yang ingin dicapai, pengalaman pada bidang pekerjaan yang anda lamar dan latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan posisi yang anda inginkan.

    3. Apa kelebihan yang anda miliki?
    Jika membicarakan tentang kelebihan, hal ini tergantung pada jenis pekerjaan yang anda lamar.

    4. Apa kelemahan anda?
    Pilihan jawaban untuk menjawab pertanyaan mengenai kelemahan diri:

    a. Ungkapkan kelemahan anda sebagai suatu hal yang positif :
    • “Saya terkadang tidak sabar dan hal itu membuat saya bekerja menjadi berlebihan.”
    • “Ketika saya memulai suatu pekerjaan, saya biasanya lupa untuk beristirahat makan siang.”
    • “Karena saya perfeksionis. Saya selalu menemui kesulitan dalam hal bekerjasama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, karena saya khawatir orang lain tidak dapat menyelesaikan nya sebaik saya.”

    Warning !! : ungkapan perfeksionis sudah terlalu sering di ungkapkan.

    b. Kemukakan kelemahan anda dalam suatu bidang dan juga berikan penyelesaiannya :
    “Saya mempunyai masalah dengan pengucapan, jadi saya terbiasa membawa kamus sebagai pegangan.”

    c. Pilihan lain :
    • Berikan alasan yang sederhana kepada pewawancara bahwa tidak ada kelemahan anda yang akan membuat hasil pekerjaan anda tidak maksimal.
    • Beri pernyataan bahwa kelemahan anda itu adalah suatu kesalahan dan anda telah belajar dari kesalahan itu dan telah belajar untuk mengatasinya.

    5. Dimana anda ingin berada dalam 5 (atau 10 atau 15) tahun lagi?
    Ini adalah pertanyaan untuk mengetahui apakah ambisi anda, jadi jawablah dengan memberitahu apa yang menjadi cita cita anda dan bagaimana cara anda mewujudkan cita cita tersebut.Sangat penting bagi manusia untuk memiliki ambisi, tetapi jangan sampai terlalu ambisius.

    6.Apa yang anda inginkan dalam hidup anda ?
    Ungkapkan secara halus pertimbangan ketika merespon pertanyaan jenis ini :
    • Kejujuran/ambisi/keinginan anda untuk bekerja pada perusahaan
    • Hindari jawaban yang seakan-akan perusahaan itu milik anda.
    • Jangan mengungkapkan secara keseluruhan akan hal yang menyangkut pribadi ( seperti pernikahan, keluarga), namun fokus pada tujuan anda secara professional.

    Contoh respon terhadap pertanyaan di atas :
    • Untuk anda ketahui bahwa saya adalah orang yang tepat untuk mengisi jabatan yang ditawarkan. Dan jika dalam masa mendatang nanti saya dicalonkan pada posisi yang lebih tinggi, maka saya tidak akan melewatkan nya.
    • ATAU : ” Saya mengharapkan untuk tetap berada dalam perusahaan dan dalam 5 tahun kedepan saya akan membuat perubahan besar dalam perusahaan ini.”
    • ATAU: “Saya ingin menjadi yang terbaik dalam perusahaan ini sebagai__________.”

    7.Pernahkah kau mempunyai konflik dengan pimpinan atau pengajar mu?
    • Pewawancara akan melihat apakah anda adalah seseorang yang berkualitas atau calon pegawai yang biasa-biasa saja.
    • Jangan jatuh kedalam jebakan.
    • Dan jika anda benar-benar TIDAK pernah mempunyai masalah, ceritakan bagaimana mengatasi jika anda bertemu dengan masalah.

    8.Apa alasan perusahaan kami menggaji anda?
    • Ceritakan apa yang membedakan anda dengan kandidat lain.
    • Ungkapkan dengan jelas bahwa kemampuan anda dapat memenuhi kebutuhan dari perusahaan.

    9.Bagaimana anda menggambarkan pekerjaan impian anda ?
    Gambaran tentang pekerjaan impianmu harus tergambar tidak jauh berbeda dengan pekerjaan yang anda lamar saat ini.

    10.Apakah anda memilih bekerja pada pencarian informasi atau dengan bekerjasama dengan orang-orang?
    • Biasanya pewawancara menjelaskan tentang pekerjaan dan kekuatan pada tiap bagian pekerjaan.
    • Jangan membuat diri anda terlihat lemah pada bidang tertentu

    11. Kriteria apakah yang harus dimiliki untuk menjadi pimpinan yang sukses?
    Pertanyaan itu biasanya mempunyai 2 tujuan :
    • Bagaimana anda mengatasi dirimu dengan manajemen.
    • Bagaimana anda melihat dirimu sendiri sebagai seorang pimpinan

    12. Apakah latar belakang pendidikan anda mempersiapkan anda pada jabatan yang anda inginkan?
    Gambarkan latar belakang pendidikan anda yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang anda lamar. Berikan contoh nyata, jika memungkinkan.

    13. Berapa banyak pelatihan yang akan anda ikuti untuk meningkatkan kualitas kerjamu?
    • Kata kuncinya adalah produktif.
    • Anda dapat segera produktif. Pastikan ekspresi keyakinan pada dirimu untuk dapat membuat perubahan secepatnya.

    14.Kenapa IPK anda tidak terlalu tinggi?
    Jangan menyangkalnya dan membuat-buat alasan. Respon anda akan dapat mengubah nilai anda sebagai calon pegawai.
    • Anda sangat aktif pada olahraga, kegiatan di luar kampus yang menyebabkan penurunan nilai anda, namun hal itu membuat anda senang berkompetisi.
    • Anda bekerja sambilan semasa anda kuliah yang membuat penurunan nilai, namun membuat anda mempunyai pengalaman tentang pekerjaan.
    • Anda membuat beberapa kesalahan, dan anda telah belajar dari kesalahan itu dan menjadikan kesalahan itu sebagai pengalaman anda.

    Lihat juga :
    1. Tips Menghadapi Ujian BUMN

    No comments: