• Breaking News

    21 January 2013

    Asal Usul Julukan Paman Sam Untuk Amerika Serikat

    Kenapa Amerika dijuluki sebagai negara "Paman Sam" (Uncle Sam)? Ceritanya berawal dari seseorang bernama Samuel Wilson. Ia dilahirkan di Arlington pada 13 September 1766. Ia menjadi sukarelawan saat terjadi Perang Sipil di Amerika pada usia 14 tahun. Setelah dewasa, ia membuka usaha kemasan daging di New York. Ia menyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812.

    Pada tahun 1812, suplai barang untuk tentara dibeli oleh Elbert Anderson, seorang kontraktor pemerintah. Barang diperiksa oleh dua bersaudara, Ebenezer dan Samuel Wilson. Samuel Wilson sering dipanggil "Uncle Sam" oleh temannya. Setiap paket ditandai inisial E.A.-U.S. Pada saat dimintai arti inisial ini, pekerja yang bercanda menjawab bahwa EA adalah Elbert Anderson dan US adalah "Uncle Sam" atau Paman Sam yang seharusnya adalah United States. Seketika anekdot tersebut menjadi populer di kalangan para pekerja, tentara, dan orang-orang Amerika.

    Kisah tersebut akhirnya di tulis dalam sebuah koran. Pada 1860-an dan 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast mengembangkan gambar tersebut dengan memberikan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. Nast jugalah yang menciptakan citra Sinterklas dan gajah sebagai simbol Partai Republik. Pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal simbol nasional Amerika.

    Paman Sam Wilson dianggap sebagai tokoh teladan tentang seorang wiraswasta yang suka bekerja keras dan cinta kepada tanah airnya. Wilson wafat pada 1854 saat usia 88 tahun dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu mendapat sebutan "Rumah Paman Sam".


    Diambil dari berbagai sumber

    4 comments:

    Telepon Ceria said...

    Saya baru tahu kalo negeri paman sam berawal dari kisah seperti itu. Thanks gan.

    Unang Rahmat said...

    Sudah sejak lama sy ingin tahu asal usul ini. Sekarang baru sempat mendapatkannya. Anak saya sdh menunggu untuk saya ceritai ttg asal-usul ini. Thanks a lot Perpust online..

    Kumpulan Sejarah said...

    Kalau Indonesia apa ya julukannya ?

    Kumpulan Sejarah said...

    Nice Post :)
    Makasih buat yang udah mosting :)