• Breaking News

    7 May 2013

    41 Persen sarjana tak bekerja sesuai bidangnya

    Hasil yang cukup mencengangkan didapatkan dari survei yang baru-baru ini dilakukan. Peneliti menemukan bahwa lebih dari setengah mahasiswa yang lulus pada tahun 2011 dan 2012 tak bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi mereka di universitas.
    Baca Juga : 10 Fakta Unik Industri Ponsel Dunia
    Berdasarkan penelitian tersebut, sekitar 41 persen sarjana memiliki pekerjaan yang berbeda dengan studi mereka di universitas, sementara 11 persen lainnya pengangguran, ungkap CNN Money. Yang paling mencengangkan, tujuh persen dari 11 persen mahasiswa yang menganggur menyatakan bahwa mereka belum memiliki satu pekerjaan pun setelah lulus.
    Beberapa penyebabnya antara lain adalah kebanyakan mahasiswa memilih bidang studi yang tak banyak menyerap tenaga kerja. Hampir separuh dari 1.005 responden yang mengikuti penelitian menyatakan bahwa peluang bekerja mereka bisa lebih baik jika memilih bidang studi atau jurusan berbeda.
    Sementara itu, sekitar dua per tiga dari responden menjelaskan bahwa mereka memerlukan lebih banyak pelatihan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang yang mereka tekuni, seperti dilansir oleh Newser (05/05).
    Lantas, jika tak mendapat pekerjaan, apa yang dilakukan oleh mahasiswa ini? Sekitar 42 persen dari mereka mengaku akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sementara penelitian lain menemukan bahwa sekitar 18 persen mahasiswa yang akan lulus di tahun 2013 berpikir untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
    Bagaimana pendapat Anda tentang hasil penelitian di atas? Bagi bersama kami di kolom komentar.

    No comments: