7 Kiat Menulis Efektif di Blog
Sebelumnya kita sudah membahas bahwa menulis efektif itu baik, tapi bagaimana caranya? Ini sudah saya siapkan ☺.
1. Hilangkan Semua Gangguan
1. Hilangkan Semua Gangguan
Tingkat efektifitas penggunaan waktu kita sangat tergantung dari banyaknya gangguan. Semakin banyak gangguan yang tidak teratasi maka akan semakin banyak yang menghabiskan waktu Anda. Untuk itu hilangkanlah semua gangguan (aplikasi, tv, handpone) yang beepotensi mengganggu Anda untuk membuat sebuah karya tulis.
2. Alirkan Seperti Air
Nggak perlu takut salah atau apapun pokoknya tulis saja seperti air yang mengalir. Silahkan Anda tuangkan ide dalam karya tulis Anda, terus alirkan dan jika sudah selesai baru diedit. Tunggu, “kalau tiba-tiba alirannya putus gimana?” Yup, itu yang sering dialami oleh sebagian orang. Caranya gampang… tulis aja “bersambung..” nanti kemungkinan pembaca akan kembali datang ke blog Anda. Jadinya trafic.. ☺.
3. Tambahkan File Multimedia
Jika posting yang Anda hasilkan terlalu panjang, tidak ada salahnya mencoba inovasi dengan menampilkannya pada file seperti video, gambar atau audio. Lagipula saat ini sudah pada gratis. Siapa sih blogger yang nggak kenal Youtube? Nah cobalah memanfaatkan media seperti itu untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda.
4. Tambahkan Emmotions
Pengunjung blog mana sih yang nggak suka sama pelayanan yang ramah? Untuk itu selalu tampilah ramah dalam setiap posting Anda. Selalu gunakan emmotions seperti misalnya ini ☺. Dengan begitu akan jadi lebih cair suasannya sehingga pengunjung akan lebih mudah memahami apa yang Anda sampaikan.
5. Jangan Terlalu Banyak Promosi
“Semakin banyak promosi yang kita lakukan, maka semakin banyak nilai tambah yang kita buang pada suatu artikel di blog”. Mengapa begitu? Simple aja koq, karena pembaca selalu berusaha untuk menghindari promosi yang menekan mereka. Jadi kurangi promosi adalah jalan yang baik untuk mengefektifkan karya
tulis Anda.
6. Gunakan Jadwal
Keteraturan itu baik, jadi selalu gunakan jadwal Anda dalam membuat suatu karya tulis di blog. Jangan sampai melewati batas waktu yang telah ditentukan. Misalnya untuk membuat satu artikel Anda mengalokasikan waktu satu jam. Dengan waktu itu bisa Anda bagi menjadi 15 menit untuk mendalami ide dan konsep, lalu 5 menit untuk melengkapi bahan dan 30 menit untuk proses 23 penulisan. Dengan sistem ini Anda bisa menghemat waktu dan bisa jadi lebih
efektif lho.. ☺.
efektif lho.. ☺.
7. Editing Adalah Hal Terakhir Sebelum Publish
Menurut semua master blogger, editing paling cocok dilakukan pada tahap akhir sebelum publikasi. Ya, itu memang benar. Jika kita mengedit tulisan setiap selesai satu kalimat, kapan selesainya? Untuk itu editing selalu tahap akhir ya ☺.
No comments:
Post a Comment