• Breaking News

    Cara Menghasilkan Uang Dari Internet|Cara Mendapatkan Uang Dari Internet|Cara Cari Uang di Internet|Cara Mendapatkan Uang dari Facebook|Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat|Peluang Usaha Sampingan|Peluang Usaha Rumahan|Butuh Uang Cepat|cara mendapatkan uang dengan mudah

    13 February 2015

    Mahasiswa Nyari Uang Tambahan Dari Hobi, Mengapa Tidak?

    Hobi Jadi Usaha - berbicara mengenai hobi, antara satu orang dengan orang lainnya pasti berbeda-beda. Hobi merupakan sesuatu hal/kegemaran yang dilakukan dengan senang hati tanpa ada perasaan terbebani. Bagi mahasiswa, hobi menjadi penting untuk mengisi waktu luang di tengah jadwal padatnya perkuliahan dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
    Selain mengisi waktu luang, banyak mahasiswa yang memanfaatkan hobi mereka sebagai sumber tambahan uang bulanan. Bahkan ada yang dapat membayar uang SPP dari hobi tersebut, mulai dari hobi yang sering kita jumpai, sampai hobi yang paling aneh. Berikut ada tiga jenis hobi yang dapat menjadi sumber uang, berdasarkan pengamatan penulis.
    Mahasiswa yang hobi banget bermain alat musik atau olah vokal. Saat ini di berbagai  kota menjamur berbagai jenis kafe atau restoran yang biasanya menyediakan satu set alat band untuk menghibur para pengunjungnya dengan live music di akhir minggu. Jelas bagi mahasiswa yang musik mania, ini merupakan potensi untuk dimanfaatkan. Selain dapat menjadi saranarefreshing setelah kuliah, bermusik di kafe bisa menjadi saluran bakat bermusik dengan alat yang bagus, plus dapat uang pesangon setelah turun panggung. Meski jumlah honornya kadang tak seberapa, tapi lumayanlah, bisa cukup untuk membantu keuangan satu hingga tiga hari. Mahasiswa yang doyan bermusik, bisa juga mengikuti kontes menyanyi atau festival band. Hitung-hitung untuk menambah prestasi dan biasanya hadiah yang ditawarkan juga cukup besar. Seperti pepatah mengatakan, “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.”
    Hobi selanjutnya ini agak sedikit aneh dan mengerikan. Banyak mahasiswa memelihara dan mengembangbiakkan berbagai jenis reptil. Salah satu jenis reptil yang banyak dikembangbiakkan adalah jenis kadal dan ular. Penulis mendapati fakta bahwa ternyata  pada salah satu forum komunitas dunia maya nomor satu di Indonesia  postingan mengenai perdagangan reptil cukup banyak. Hal ini karena kekuatan komunitas pecinta reptil juga mengalami peningkatan. Hobi ini bisa dikatakan sebagai hobi bagi kelas ekonomi menengah ke atas, jadi pangsa pasarnya sangat menggiurkan. Nah, mahasiswa yang memiliki jiwa liar dan suka tantangan serta penyayang binatang, wajib mencoba hobi ini. Salah satu teman penulis telah membuktikan keampuhan perdagangan reptil. Sang teman bisa membiayai biaya kuliah dari hobinya memelihara tokek dan menjualnya ke pecinta reptil lainnya melalui postingan di komunitas dunia maya pecinta reptil.  
    Label sebagai mahasiswa tidak pernah bisa lepas dari belajar. Aktivitas belajar hendaknya dijadikan sebagai kegiatan yang sangat menyenangkan. Beberapa mahasiswa yang jenius dan pecinta buku, biasanya suka mendapatkan permintaan dari orang sekitar untuk mengajar. Awalnya permintaan mengajar dari  teman-teman dekat dilakukan tanpa ada bayaran apa pun. Akan tetapi, lama-kelamaan kegiatan ini bisa menjadi salah satu alternatif menambah uang bulanan. Mengajar privat menjadi pilihan hobi yang paling digemari oleh para mahasiswa jenius. Keuntungan dari mengajar privat adalah biasanya honor dibayarkan sesuai banyaknya pertemuan yang dilakukan. Tidak heran, hasil bayaran dari aktivitas ini juga sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan.
    Sebenarnya masih banyak hobi lainnya yang berpotensi menjadi penambah uang bulanan. Setiap mahasiswa pasti memiliki keunggulan yang khas di antara satu yang lainnya, tinggal bagaimana cara kita memanfaatkan potensi dan keunggulan itu sebagai cara untuk tidak hanya memuaskan jiwa, tapi juga bisa membantu keuangan kita. 

    No comments:

    Fashion

    Beauty

    Travel