• Breaking News

    Cara Menghasilkan Uang Dari Internet|Cara Mendapatkan Uang Dari Internet|Cara Cari Uang di Internet|Cara Mendapatkan Uang dari Facebook|Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat|Peluang Usaha Sampingan|Peluang Usaha Rumahan|Butuh Uang Cepat|cara mendapatkan uang dengan mudah

    23 May 2015

    Tips memilih dan Membeli Domain dan Hosting

    Alhamdulillah jadi juga, saya baru saja menyelesaikan orderan membuatkan website untuk salah satu teman saya yang kerja sebagai sales toyota dulu. Awalnya Dia hanya menggunakan platfom blogspot seperti blog saya ini. Kemudian dia membaca artikel di salah satu majalah otomotif Alamat Blognya ingin di ganti menggunakan www.domainku.com tanpa adanya embel-embel blogspot lagi.

    Inilah penampakannya :

    www.toyotaanzon.com (awalnya anzontoyotamurah.blogspot.com)

    Sebetulnya sudah lama saya menyarankan kepada Dia agar blognya di ganti menggunakan dot com agar para konsumen lebih percaya, dan kredibilitas dia sebagai sales online mendapatkan trust dari pengunjung.

    Ada 6 keuntungan yang akan di dapat apabila anda menggunakan (dot) com yaitu :


    1. Terlihat lebih proffesional 

    Dengan menggunakan domain TLD berbayar , maka blog atau website kita akan terlihat lebih proffesional dan lebih dipercaya oleh pengunjung .

    2. Terlihat lebih serius 

    Menggunakan domain TLD berbayar menunjukan bahwa kita ngeblog lebih serius dan makin disenangi pengunjung lainnya karena percaya bahwa kita akan menampilkan yang terbaik untuk mereka .

    3. Terlihat lebih keren 

    Menggunakan domain TLD berbayar memiliki gengsi tersendiri . Kenapa tidak , blog kita akan terlihat seperti web proffesional lainnya yang juga memakai domain TLD berbayar . Sedangkan menggunakan TLD yang gratisan akan membuat alamat blog kita terganggu karena adanya domain sesuai platform terkait dan lebih panjang .

    4. Tidak perlu bayar hosting 

    Ini ditujukan buat para blogger yang ingin tampil keren dengan TLD berbayar tapi masih betah dengan hosting yang disediakan platform blogger yang user friendly . Itu sangat bisa , jadi kita hanya membeli domain dan memasangnya di blogger , Hal ini sama yang saya lakukan seperti contoh kasus di atas.

    5. Alamat akan teralihkan otomatis

    Tidak usah kawatir bagi pengguna hosting blogger yang  mau menggunakan domain berbayar, karena blogger akan otomatis akan mengalihkan alamat blog lama ke alamat baru yang kita beli .

    6. Backlink akan teralihkan 

    Jangan khawatir dengan pengguna TLD blogspot yang udah lama memakai domain tersebut dan kawatir apabila mengubah domain backlink hilang . Backlink yang sudah ada tidak akan hilang , malah perlahan akan di alihkan pada domain baru , asalkan SLD ( Second Level Domain ) nya tidak diubah .

    Konsekuensi ketika Anda mempunyai domain baru yaitu :


    1. Harus membayar domain 

    Menggunakan domain TLD seperti .com dan .net harus membayar ke web penyedia hosting . Tapi itu wajar saja , kalau kita ingin bagus tidak ada salahnya kita mengeluarkan sedikit modal .

    2. Kehilangan domain apabila tidak diperpanjang 

    Apabila telah menentukan ingin memakai domain TLD berbayar , maka seriuslah dalam menekuninya , karena waktu yang kita buang sama saja membuang uang kita yang menyewa domain.

    3. Mendaftar ulang ke webmaster / search engine .

    Menggunakan domain baru tentunya harus juga dikenalkan pada si pencari website atau search engine, agar search engine cepat mengenal domain baru kita.

    Tips memilih dan Membeli Domain dan Hosting


    Hal yang terpenting yang perlu di perhatikan ketika penyedia domain dan hosting selain dari harganya adlah pelayanannya. Pilihlah layanan domain/hosting yang memiliki customer service yang selalu online 24 jam dan bersedia memberikan bantuan kapanpun. Karena mungkin saja terjadi kesalahan pada konsfigurasi yang akan kita lakukan atau pada server yang kita gunakan sebagai tempat hosting. Dengan adanya customer service yang siap membantu 24 jam kita bisa mengetahui dengan segera letak masalah ketika website mengalami masalah.

    5 Tips Memilih Nama Domain

    • Pilihlah penyedia domain yang memiliki layanan dan reputasi yang baik, seperti jogjahost (saya juga pakai layanan ini)
    • Pilihlah nama domain yang pendek, mudah di ingat orang, tidak menimbulkan ambigu, mudah di eja, dan yang pasti berhubungan dengan website.
    • Pilihlah domain yang berakhiran (dot) com contoh toyotaanzonmurah.com
    • Apabila pemilihan (dot) com sudah di pakai maka gunakan (dot) net, (dot) org dll
    • Bila tidak mau menggunakan (dot) net dkk maka tambahkan dengan tanda "-" contoh toyota-anzonmurah.com

    10 Tips Memilih Hosting

    • Menentukan kebutuhan anda

    Langkah pertama adalah menentukan kebutuhan anda dalam mencari web hosting.  Pengunjung dari negara mana, ruang space berapa, bandwidth berapa dan lainya. Tidak perlu menyewa web hosting dengan kapasitas besar misal 5 GB jika keperluan kita hanya untuk membuat blog pribadi yang kenyataanya hanya perlu sekitar 100MB. Oleh karena itu tetapkan kebutuhan dengan dasar kita mencari web hosting yang aman dengan sistem yang stabil. Lihatlah fitur masing-masing paket yang ditawarkan oleh provider hosting.
    • Layanan Hosting

    Hal ini perlu diperhatikan dan ada beberapa hosting yang tidak mencantumkan layananya dalam penawaran paketnya. Layanan hosting berhubungan dengan support apa saja yang didapat jika kita mengambil paket hosting. Misal panel administrasi untuk mengelola hosting cpanel, spanel dll, support email, telpon, kontak online via yahoo messenger dan lainya. Pastikan anda mendapatkan semuanya agar jika hosting bermasalah, kita dapat memperbaikinya sendiri atau minta bantuan pihak penyedia.
    • Memilih lokasi server web hosting

    Umumnya beberapa perusahaan penyedia hosting di indonesia menawarkan 3 pilihan lokasi server mereka yaitu Indonesia, Singapura, dan Amerika. Hal ini berhubungan dengan asal komunitas atau masyarakat yang akan mengunjungi website atau blog kita. Jika lebih dari 50% pengunjung nantinya berasal dari negara Lokal indonesia atau umumnya Asia maka lebih dianjurkan untuk memilih server yang berlokasi di indonesia.
    • Memilih Besar ruang Penyimpanan

    Kapasitas daya tampung data yang ditawarkan perusahaan hosting sangat beragam mulai terkecil 1MB, 1GB bahkan ada yang unlimited/tak terbatas, ini berhubungan dengan berapa besar data untuk web dan email yang akan digunakan. Kembali ke rencana awal, web/blog yang akan dibuat untuk keperluan apa? jika hanya untuk blog pribadi yang isinya hanya halaman2 informatif tidak terlalu banyak gambar tau video, accoun email hanya beberapa, maka kita tidak perlu menyewa hosting denga kapasitas diatas 1GB, karena tentunya akan lebih hemat biaya.
    Tapi jika anda ingin membuat sebuah web dengan menyediakan file-file yang bisa didownload, yang mungkin saja jumlahnya 100an mega, maka layaklah anda menyewa dengan kapasitas besar. Tapi ini juga berhubungan dengan bandwidth yang tersedia.
    • Memilih Bandwidth

    Bandwidh adalah besar jumlah data yang dapat diupload dan didownload diwebsite kita, sering juga disebut besar trafik data atau data transfer yang terjadi disebuah web/blog. Beberapa penyedia hosting membatasi besar bandwidth yang boleh digunakan per setiap bulannya, sehinga jika penggunaan melebihi batas maka sebuah blog/web akan diblokir atau dimatikan sampai periode tertentu. Tentunya jika kurang hati2 memilihnya akan merugikan kita karena web/blog tidak bisa diakses, walupun sebagian hosting juga menyediakan layanan tambahan bandwidth jika kurang dengan membayar biaya tambahan. Jadi carilah hosting yang bandwidth perbulanya besar misal diatas 1GB atau bahkan yang tidak terbatas.
    • Jumlah add on Domain atau Sub Domain

    Jika anda ingin mengelola banyak web/blog dalam satu web hosting, fitur ini harus anda pastikan sesuai dengan apa yang anda perlukan. Sebuah hosting biasanya mendukung dapat digunakan untuk beberapa domain (add on domain) dan sub domain, tapi memang ada batasnya misal mendukung 3 add on domain, dan sub domain tak terbatas. Jika tercantum 3 add on domain maka hosting yang kita punya bisa digunakan oleh 3 nama domain berbeda.
    • Jumlah dan Dukungan Database

    Ada beberapa web hosting membatasi jumlah database yang boleh dibuat. Hal ini sedikit berhubungan dengan masalah teknis yaitu apa saja yang nanti akan dipasang/diinstall di hosting kita. Misal kita ingin web/belog memiliki sub domain lebih dari 1 yang umumnya bisa menggunakan beberapa database.
    • Jumlah Akun dan fitur email

    Ini juga sangat penting jika kita ingin membuat hosting untuk coorporate atau perusahaan yang pasti digunakan bukan hanya untuk informasi perusahaan tapi juga untuk komunikasi antar pegawainya, komunikasi misal menggunakan email berarti jika jumlah pegawai banyak maka kita memerlukan dukungan banyak akun. Jumlah akun nantinya juga berhubungan dengan berapa besar kapasitas yang tersedia.
    • Fasilitas Backup Data

    Pastikan fitur backup date juga tersedia biasanya daily backup (backup harian), agar seluruh isi hosting anda bisa direstore/dikembalikan jika terjadi kerusakan. Ada juga beberapa hosting yang menyediakan jasa backup data bulanan dalam bentuk cd yang bisa dikirimkan ke alamat rumah atau kantor anda tapi dengan biaya tambahan.
    • Fitur dan Informasi Lainya

    Pelajari juga dukungan-dukungan teknis dan informasi lain yang mungkin anda perlukan seperti kemampuan dan kinerja hosting, testimoni/pengalaman pengguna dengan membaca forum2 diinternet, kecepatan loading web penyedia hosting dll.
    Hal-hal yang sudah saya sampaikan diatas bisa memberi pengetahuan tambahan serta bahan pertimbangan anda dalam memilih tempat berlangganan web hosting yang sesuai dengan keperluan anda.

    Ayo siapa lagi yang ingin di buatkan blog lagi, saatnya jualan online.

    No comments:

    Fashion

    Beauty

    Travel