• Breaking News

    28 September 2015

    Anindha Maharani Alboneh Sukses Jualan Online Dari Tokopedia Omsetnya 10 Juta/Bulan

    Tokopedi Scraper 300 x 250
    Namanya Anindha Maharani Alboneh seorang remaja putri yang sedang merasakan bisnis onlinenya melalui tokopedia. Nindha ini masih berstatus mahasiswi lho. Masih kuliah, tapi sudah berhasil mendapatkan penghasilan sendiri dengan berjualan online. Luar biasa sekali kan mahasiswi yang satu ini? Bahkan, Nindha bisa dikatakan sebagai salah satu penjual online yang cukup sukses, dengan penghasilan hingga Rp 10 juta per bulannya.

    Mau tahu kan kisah selengkapnya tentang perjalanan Nindha hingga sukses dengan bisnis onlinenya? Simak bincang-bincang Toped dengan Nindha berikut ini yuk.

    Hai Nindha. Ceritain dong bagaimana awalnya kamu bisa berjualan online?

    Sejak saya memulai bisnis jualan ini pada tahun 2012, saya hanya berjualan melalui online saja, tanpa adanya toko fisik. Saya memilih berjualan online karena pasar online jauh lebih luas daripada pasar offline. Pembeli bisa datang dari Sabang sampai Merauke, bahkan ada juga pembeli dari negara tetangga. Selain itu, bisnis online juga lebih simple, mudah dijalankan, serta lebih mudah berkembang dan maju.

    Bagaimana kamu bisa mengenal Tokopedia dan akhirnya memutuskan untuk berjualan melalui Tokopedia?

    Dulu saya pernah menjadi korban penipuan online motif jual beli HP dengan harga miring. Nah setelah saya tertipu itu saya sering browsing tentang penipuan online dan cara mengurus ke polisi. Saya ketemu satu komentar di sebuah artikel dan di sana ada yang berkomentar dengan memberi sebuah link toko online yang direkomendasikan, salah satunya itu Tokopedia. Ketemulah dengan mal online nomor 1 di Indonesia ini.

    Kemudian saya langsung mendaftar menjadi member Tokopedia dan membuka toko. Tapi dulu toko saya masih sangat sepi, mungkin karena produk saya sudah sangat banyak yg jual di Tokopedia dengan harga yg jauh lebih murah. Jadi saya memutar otak mencari produk baru yang belum banyak di jual di Tokopedia, supaya enggak terlalu banyak pesaingnya. Saya buka toko bulan Oktober 2012, cukup lama menunggu pembeli pertama. Sampai pada bulan Maret 2013 ada satu pembeli yang datang dan Alhamdullilah enggak ada komplain. Setelah 7 bulan kemudian, barulah datang pembeli yang kedua. Jika diingat-ingat, jalannya terjal sekali, tapi tetap enggak boleh putus asa. Saya putar otak terus dengan menjual barang-barang yang masih jarang ada di Tokopedia. Sampai sekarang saya sudah pernah menjual berbagai macam barang, dan sekarang Alhamdulilah sudah sangat banyak pesanan yang datang dan bisnis saya pun jadi makin lancar :)

    Adakah cerita dibalik pemilihan nama toko kamu “Bonnehouse Wholesale” ini?

    Nama toko saya awalnya bernama Anindha’s yang artinya punyanya Anindha (saya sendiri), tapi makin lama kok kurang keren ya. Jadi saya ganti menjadi Bonnehouse. Bonne sendiri berasal dari nama panggilan saya yang diambil dari marga saya, Alboneh. Kemudian saya gantilah nama toko saya menjadi Bonnehouse Wholesale agar lebih menarik dan siapa tahu nasib tokonya lebih baik lagi. Hehehe :)

    Berapa modal awal kamu saat pertama kali berjualan di Tokopedia? Dan berapa keuntungan yang kamu peroleh setiap bulannya?

    Awalnya saya hanya sebagai dropshipper, jadi saya enggak men-stok barang. Saya baru pesan ke supplier kalau ada yang beli. Tapi berjualan di Tokopedia kan sistemnya rekber, jadi dana kita belum bisa cair kalau barang belum diterima oleh pembeli, dana cair jika barang sudah sampai kepada pembeli dan pembeli melakukan konfirmasi penerimaan. Jadi otomatis uang di rekening kita harus ada minimal Rp 500.000-an untuk membayar terlebih dulu kepada supplier.

    Dulu saat saya masih belum jualan baju muslim keuntungan saya hanya Rp 1-4 juta per bulan. Namun sekarang setelah berjualan produk muslim, Alhamdulilah pendapatan bisa mencapai Rp 7-10 juta per bulan. Walaupun enggak seberapa, tapi lumayan untuk mahasiswi biasa seperti saya.

    Produk apa saja yang dijual oleh Bonnehouse Wholesale? Dan produk apa yang paling banyak diminati?

    Saya menjual pashmina, baju muslim mulai dari baju muslim wanita, anak, couple, hingga baju koko. Selain baju muslim, saja juga menjual baju wanita lainnya, sepatu, tote bag dan kaos surfing. Saya tertarik karena dulu masih jarang yang jual barang seperti saya di Tokopedia, kalaupun ada yang jual pasti harganya masih diatas saya.

    Untuk pashmina dan beberapa baju muslim, kami memproduksinya sendiri. Sementara produk-produk non-muslim lainnya, kami dapatkan langsung dari pusat produksinya. Saat ini produk yang paling banyak dibeli adalah baju-baju muslimah, banyak banget peminatnya.
    Bagaimana cara kamu menjaga kepercayaan dan kepuasan dari para pembeli?

    Masalah kepercayaan, Insyallah toko kami terpercaya, tidak akan ada penipuan. Untuk kepuasan kita selalu berusaha agar pembeli puas berbelanja di toko kami. Misal dulu toko kami hanya menyediakan jasa pengiriman JNE, tapi karena banyak yang meminta dibuka jasa pengiriman Wahana dan Pos Indonesia, maka sekarang kami sudah buka jasa pengiriman tersebut agar pembeli tidak berat diongkos.

    Apa keunikan Tokopedia jika dibandingkan dengan website jual-beli online lainnya?

    Jujur, Tokopedia sangat layak untuk direkomendasikan ke semua orang. Aman banget, nyaman banget, modern banget, lengkap banget! Bisa dibilang ini pusatnya semua penjual online dari seluruh nusantara, cari apapun pasti ada di Tokopedia. Dan kita bisa temukan penjual yang menjual dengan harga yg paling murah. Saya selalu mempromosikan Tokopedia ke teman-teman, keluarga, dan pelanggan saya yang ada di BBM untuk jika ingin mencari produk apapun langsung aja ke website Tokopedia, dijamin aman! Dan lagi, dengan berjualan di Tokopedia saya merasa seperti berjualan di website kita sendiri, simple banget karena ongkos kirim sudah otomatis. Bangun tidur tiba-tiba sudah ada pesanan baru masuk, tanpa harus ribet mencari tahu ongkos kirim terlebih dahulu.

    Saya punya akun di banyak website seperti Tokopedia ini. Tapi kembali lagi di awal, Tokopedia memang mal online nomor 1. Saya sekarang fokus aktif di Tokopedia, karena website lain terlalu ribet, fitur-fiturnya terlalu berbelit-belit. Sedangkan fitur di Tokopedia sangat modern, up to date dan simple. Apalagi sekarang ada aplikasi Tokopedia untuk pengguna Android, dan sangat membantu sekali bagi penjual seperti saya. Terimakasih banyak Tokopedia, sukses terus!

    Adakah masukan yang ingin kamu berikan kepada Tokopedia?

    Untuk fitur saya yakin Tokopedia selalu memberikan yang terbaik. Mungkin kalau masukan sering-sering iklan agar semua orang tau adanya Tokopedia. Ini sekarang ada iklan Tokopedia di TV, ya semoga semakin banyak pengguna yang bergabung dan mampir ke toko saya hahaha :D Tingkatkan terus, intinya sering-sering promosi melalui media agar semua orang bisa tahu apa itu Tokopedia.

    Saran apa yang ingin kamu berikan kepada penjual lain yang baru mulai berjualan di Tokopedia?

    Saya tahu bagaimana rasanya jualan awal-awal itu, susah banget! Tapi jangan sampai kita putus asa. Jika memang benar-benar ingin sukses di bisnis online, kita juga harus memutar otak, carilah inovasi-inovasi baru. Cari produk baru yang belum ada atau belum terlalu banyak yang jual di Tokopedia. Awalnya memang susah memikat pembeli, tapi tetaplah berusaha. Sering-sering klik tombol promo agar semakin banyak user yang melihat produk toko Anda. Memang harus bekerja keras di awal, tapi lama-lama pasti akan lancar. Semangat!! :D

    Bagaimana, luar biasa sekali kan usaha dari mahasiswi yang satu ini? Semoga kisah inspiratif Nindha bisa memotivasi buat Anda yang baru mulai berjualan di Tokopedia ya. Nah bagi Anda yang lagi mau belanja baju muslim untuk dipakai saat lebaran nanti, jangan ragu-ragu mampir ke Bonnehouse Wholesale. Di sana kamu bisa menemukan baju-baju muslim, baik baju muslim wanita maupun pria, dengan model yang sedang tren lho.


    Sumber : https://blog.tokopedia.com/2014/07/anindha-maharani-alboneh-mahasiswi-yang-sukses-berbisnis-online-melalui-tokopedia/

    No comments: