• Breaking News

    13 February 2015

    TAPE SINGKONG, ASAM MANIS BERKHASIAT

    Khasiat Tape Singkong - Manfaat tape singkong belum banyak diketahui. Tape singkong lebih dikenal sebagai salah satu camilan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Rasanya yang asam manis banyak digemari oleh masyarakat. Tape sering digunakan sebagai campuran pada es, di goreng atau campuran untuk membuat kue.

    Tape yang berbahan dasar singkong ini merupakan makanan hasil fermentasi. Pada prosesnya memanfaatkan salah satu jamur yang bernama ilmiah Sacchoromyces cereviceae. Proses fermentasi singkong harus benar-benar steril dari kontak udara luar. Jika tidak, maka tape tidak akan terbentuk dengan sempurna. Proses yang tidak sempurna justru akan menimbulkan zat yang berbahaya dalam tape. Ketika proses fermentasi terhambat, maka akan ada bakteri yang mencemari. Bakteri ini kemudian mengeluarkan zat berbahaya pada tape. Jadi jika ingin menikmati khasiat dari tape maka proses fermentasi harus dilakukan dengan benar.

    Beberapa hal yang dapat mendukung proses fermentasi berjalan baik yaitu dengan memilih singkong dengan kualitas yang terbaik. Kemudian proses fermentasinya harus berjalan dengan baik dan optimal, artinya singkong tidak boleh terkontaminasi udara luar. Proses fermentasi yang baik adalah tidak lebih dari 3 hari.

    Tape singkong yang berwarna kuning lebih banyak mengandung vitamin A daripada tape singkong yang berwarna putih. Tape singkong telah dikenal luas sebagai obat untuk mengobati jerawat. Tape singkong juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan tentunya jika dikonsumsi yang baik dan tidak berlebihan. Beberapa manfaatnya yaitu:

    1. Tape singkong sebagai sumber karbohidrat. 
    Mungkin inilah alasan mengapa orang-orang zaman dahulu mengandalkan singkong sebagai makanan pengganti nasi. Singkong yang sudah diolah menjadi tape ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang besar. Bahkan kandungan karbohidratnya lebih besar daripada kandungan karbohidrat kentang

    2. Tape singkong membantu menurunkan risiko osteoporosis
    Tape singkong mengandung vitamin K. dimana vitamin K sudah banyak diketahui bermanfaat bagi pertumbuhan tulang. Selain itu vitamin K juga bermanfaat untuk membentuk masa tulang dan mencegah osteoporosis.

    3. Tape singkong menurunkan kerusakan saraf otak
    Kandungan vitamin K pada singkong pula yang berperan untuk mencegah kerusakan saraf pada otak dan bermanfaat untuk terapi penderita Alzheimer.

    4. Tape singkong membantu mencegah anemia
    Tape singkong mengandung vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti thiamin, riboflavin dan pindoksin (vitamin B6). Riboflavin bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh dan mendorong pembentukan sel-sel darah merah. Jika produksi sel darah merah tidak mengalami kekurangan, maka penyakit anemia dapat dicegah.

    5. Tape singkong membantu mengatur tekanan darah
    Tape singkong mengandung beberapa mineral seperti kalium, magnesium dan seng. Kalium bermanfaat dalam pembentukan sel-sel tubuh dan membantu mengatur tekanan darah.

    6. Tape singkong sebagai sumber serat yang baik untuk kesehatan
    Makanan yang banyak mengandung serat memang sangat bermandaat untuk kesehatan. Tape singkong banyak mengandung serat. Sehingga mengonsumsinya dapat mencegah beberpa penyakit seperti jantung, stroke dan mengendalikan diabetes.

    No comments: