• Breaking News

    30 March 2015

    12 Cara Mengajukan Kredit Usaha di Bank

    Dalam Mengajukan kredit di bank bisa dibilang susah-susah gampang. Kebanyakan orang menganggap sepele saat ia mengajukan proposal pinjaman bank. Setelah menunggu, kucuran kredit dari bank pun tak kunjung di terima.


    Apalagi, setelah merasa sudah melakukan prosesnya, yang datang justru kabar penolakan. Lalu, apa yang harus Anda lakukan bila kenyataannya demikian. Berikut tips yang bisa membantu Anda dalam mengajukan kredit di bank.

    1. Sesuaikan Kebutuhan

    Anda perlu mengetahui jenis kredit yang diajukan. Untuk kebutuhan apa. Apakah kredit modal kerja, kepemilikan rumah atau kredit pemilikan mobil, biaya pendidikan dan sebagainya. Dengan begitu, Anda sudah memiliki gambaran jenis kredit yang akan diajukan. Jangan lupa melakukan penghitungan atau estimasi dana yang dibutuhkan.

    2. Siapkan Dokumen

    Siapkan dokumen standar yang diperlukan saat mengajukan kredit di bank. Dokumen tersebut berupa "KTP, slip gaji asli jika karyawan, NPWP dan Kartu Keluarga". Bila pengajuan untuk perusahaan, biasanya menyertakan akta pendirian perusahaan. Di sertai dokumen lain seperti NPWP, SIUP, SITU, TDP atau SKDU. Bila kurang mengerti, Anda bisa membuka website bank bersangkutan untuk mengetahui secara lengkap syarat pengajuan kredit.

    3. Rekening Koran Tabungan

    Siapkan rekening koran yang dibutuhkan dalam jangka waktu tiga bulan terakhir. Rekening koran dijadikan bahan rujukan penghasilan yang diterima setiap bulannya.

    4. Investigasi Kecil

    Ada baiknya melakukan investigasi kecil-kecilan. Seperti mencari tahu reputasi bank. Itu dilakukan agar Anda bisa membandingkan antara bank yang satu dengan bank lainnya. Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangan di bank tersebut.

    Cari tahu juga berapa lama proses kredit yang akan Anda ajukan. Untuk lebih mudah, lakukan pengajuan kredit bank secara online. Selain memberi Anda kemudahan dalam melakukan perbandingan, layanan portal finansial online juga dapat memperlihatkan benefit dari masing-masing kredit yang dikeluarkan oleh bank.

    5. Saran dari Nasabah Lain

    Cara ini bisa dilakukan sebagai bahan pertimbangan. Cobalah untuk bertanya kepada kerabat terdekat Anda, mungkin saja mereka punya pengalaman mengajukan kredit. Semua pengalaman bisa menjadi pertimbangan.

    6. Perhatikan Suku Bunga Kredit

    Lihat suku bunga bank apakah suku bunga flat, fixed atau floating sehingga punya patokan dan bisa memprediksi cicilan per bulannya. Lihat suku bunga kredit di beberapa bank sehingga bisa mendapatkan yang terbaik.

    7. Perhitungan Biaya

    Perhatikan pula perhitungan biaya yang dikeluarkan saat mengajukan kredit di bank. Untuk kredit pemilikan rumah, Anda harus mengalokasikan biaya administrasi bank dan notaris.

    8. Simulasi Kredit

    Mintalah simulasi kredit bank. Itu penting untuk memperkirakan dengan total penghasilan yang diterima. Perhitungkan pula jangka waktu cicilan kredit tersebut.

    9. Kemampuan Bayar

    Yang tak kalah pentingnya adalah memperhitungkan kemampuan bayar. Jangan sampai, setelah kredit disetujui malah pontang-panting membayar angsurannya. Paling tidak, angsuran kredit tidak lebih tinggi dari 30% dari penghasilan.

    10. Cek di Bank Indonesia

    Bandingkan Anda perlu melakukan cek ke Bank Indonesia untuk mengetahui apakah punya masalah dengan bank atau tidak. Hal ini terkait riwayat kredit yang Anda miliki. Apakah Anda pernah bermasalah dengan BI Checking atau tidak, hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi bank pemberi kredit. Jika ada masalah, segera selesaikan agar kredit yang diajukan bisa lekas cair.

    11. Alokasi Kredit

    Bila bank telah menyalurkan kredit, jangan lupa mengalokasikan kredit sesuai tujuan. Jangan sampai dana yang didapat itu meleset dari tujuan.

    12. Bayar Cicilan

    Sebaiknya, bila kredit telah didapat, tertiblah dalam membayar cicilan kredit. Jangan sampai menunda-nunda pembayaran jika tagihan dana memang telah tersedia. Semoga membantu mempermudah Anda mengajukan kredit.

    Nah, sudah jelas tentang langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengajukan kredit. Bila ingin mudah, lakukan perbandingan pinjaman Anda secara online. Puluhan bank bisa Anda ketahui detail produknya dengan satu kali proses.

    No comments: