• Breaking News

    24 March 2015

    Bagaimana Membangun Kebiasaan-Kebiasan Produktif Dalam Hidup Anda

    12 Kebiasan Membangun Produktifitas Dalam Hidup Anda


    Nah pembaca, siapa diantara kita yang tidak ingin mejadi seorang yang sukses? Baik dalam dunia pekerjaan, keluarga, pertemanan dan lain sebagainya. Kita tentu saja ingin menjadi orang – orang yang sukses, seperti tokoh sukses yang mendunia yaitu Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan orang sukses lainnya. 

    Beberapa sumber menyebutkan, kebiasaan mereka justru tidak serumit yang dibayangkan. Kebiasaan sederhana yang sebenarnya orang biasapun bisa melakukannya. Dan apa sebenarnya kebiasaan orang – orang sukses itu yang bisa kita contoh dan kita jadikan panutan? Berikut ini jawabannya:


    Setiap orang sukses adalah orang yang objektif. Selalu berfikir untuk global dan memberikan untuk orang banyak. Orang sukses selalu berfikir SMART. Bukan hanya sekedar pintar, tapi ini SMART yang lain.

    Spesific : Dalam mencapai sebuah kesuksesan, kita memang harus menentukan sebuah target. Target yang kita tentukan harus jelas, dan jangan sampai kita melakukan yang melebihi target yang sudah kita tentukan. Target yang kita miliki memang harus dibuat spesifik. Lebih mudah untuk mencapai kesuksesan dengan target yang spesifik daripada target yang sangat umum.

    Measurable : Target yang Anda buat bukan hanya harus spesifik, tetapi juga harus dapat diukur secara logis untuk mengetahui proses dari target yang ingin dicapai. Buatlah pertanyaan sederhana, seperti berapa banyak dan berapa lama target Anda akan tercapai?

    Attainable : Rencana memang bisa seluas apapun, tetapi rencana sebuah usaha atau bisnis harus dibuat serealistis mungkin dan benar – benar mungkin dan mudah untuk kita capai.

    Relevant : Target yang dibuat usahakan memang mampu dan sesuai dengan diri Anda.

    Timely : Penggunaan waktu dalam pencapaian target sangat penting. Kita memang butuh untuk selalu mengatur dan menilai waktu yang kita gunakan sendiri. Dengan begitu kita akan mampu untuk menyelesaikan setiap target sebelum tenggang waktu yang disediakan.

    • Selalu tegas dan cekatan


    Tegas dan cekatan, bukan hanya milik pasukan militer saja. Seorang yang sukses akan selalu bertindak tegas dan cekatan. Namun tetap diiringi dengan pemikiran yang matang dalam setiap langkah yang diambilnya. Jangan biarkan waktu dan sifat negatif seperti malas meracuni pikiran sehingga membuat kita tidak fokus. Pacu diri untuk menjadi lebih tegas dan cekatan dalam bertindak, tetapi dengan selalu memperhitungkan baik dan buruk setiap keputusan.


    Orang sukses bukanlah orang yang sibuk atau sok sibuk. Ini bukan berarti juga orang sukses tidak memiliki banyak pekerjaan sehingga tidak disebut orang sukses. Namun kesuksesan disini digambarkan dengan sebuha tindakan atau sikap yang produktif. Orang sukses selalu berusaha menjadi lebih produktif dari biasanya. Selalu berusaha mencari cara agar setiap target yang dibuat mampu tercapai tepat waktu dan dengan hasil yang maksimal. Ini berarti orang sukses adalah menjadi lebih produktif bukan menjadi lebih sibuk.

    • Membuat keputusan yang logis dan positif


    Membuat sebuah keputusan memang bukan hanya harus dibuat oleh seorang pemimpin. Seorang yang sukses juga harus mampu membuat sebuah keputusan yang logis dan tentu saja positif untuk target kerja yang dibuat. Ini akan menentukan berhasil tidaknya pekerjaan yang kita lakukan.

    • Tidak menuntut kesempurnaan


    Orang yang sukses akan terus bekerja dan berusaha memperbaiki setiap kesalahan. Bukan hanya menuntut untuk menjadi lebih sempurna atau selalu sempurna. Tetapi bahkan jauh lebih baik dari itu, yaitu selalu menghasilkan yang terbaik dan dengan berbagai perbaikan dan pengembangan di berbagai aspeknya.

    • Keluar dari zona nyaman


    Jika kita nyaman dalam suatu pekerjaan dan kondisi, itu artinya kita sudah menemukan dimana titik zona nyaman kita. Tetapi ada kalanya bertahan di suatu tempat yang nyaman akan membuat tidak nyaman melakukan pekerjaan. Bisa saja kita bosan dan malas melakukan hal – hal yang itu – itu saja. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman yang selama ini kita miliki. Cobalah melihat dan menjalani sesuatu yang benar – benar baru untuk diri kita. Ini akan membuat kita bertemu dengan pengalaman – pengalaman baru yang menyenangkan.

    • Berfikir lebih sederhana


    Sukses bukan mengharuskan kita selalu berfikir lebih pintar dan lebih rumit dari orang lain. Berfikir lebih sederhana akan jauh lebih membuat kita nyaman dan mengerjakan sesuatu dengan lebih mudah. Cobalah untuk berfikir lebih sederhana dari setiap masalah yang kita hadapi. Cari setiap celah untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara yang lebih mudah dan nyaman kita lakukan.

    • Melakukan pengembangan tanpa henti


    Apalagi yang harus dilakukan selain terus dan terus belajar memperbaiki kesalahan dan mengembangkan yang sudah ada. Lakukanlah pengembangan kepada setiap apa yang sudah kita miliki saat ini. Dengan begitu kita akan belajar dan tahu apa saja yang baru dan bisa kita tambahkan pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Jangan batasi setiap pengembangan dan perbaikan pekerjaan yang kita lakukan.

    • Mengukur dan melihat proses dari target


    Melakukan dan mengembangkan pekerjaan tanpa melihat proses tentu tidak akan menjadi sesuatu yang berharga di kemudian hari. Orang – orang sukses itu selalu mengevaluasi apapun yang telah mereka lakukan. Ini akan menjadi bahan untuk perbaikan dan pengembangan selanjutnya. Coba kita ukur apa yang sudah kita lakukan dan belum kita lakukan. Ini akan membantu kita dalam belajar dan bekerja mencapai target lebih baik dari sebelumnya.

    • Belajar dari kesalahan


    Ini yang terpenting, belajar dari kesalahan. Setiap orang sukses tidak ada yang tidak pernah gagal. Mereka pasti mengalami kegagalan, sekalipun itu hanya masalah rencana. Setiap kesalahan yang menimbulkan kegagalan adalah hal yang wajar dan harus kita pelajari, agar mampu memperbaikinya dikemudian hari. Jadikanlah setiap kegagalan sebagai jembatan kita menuju kesuksesan.

    • Mencari Mentor atau Guru


    Berkolaborasi dan menjalin relasi sebanyak mungkin adalah yang kita butuhkan. Seperti halnya orang sukses diluar sana yang bisa dipastikan memiliki banyak relasi atau rekan untuk berkolaborasi menciptakan sesuatu yang tepat dan terbaik. Bisa dimulai dari saling memperkenalkan diri dengan orang lain di setiap acara yang dihadiri. Hingga menjalin kerjasama dengan mereka. Berbincang – bincang secara sederhana juga butuh kita lakukan, karena kita tidak akan mampu bekerja sendiri mensukseskan bisnis yang kita miliki. Intinya cari mentor yang mampu membimbing kita menuju puncak kesuksesan.

    • Menyeimbangkan kehidupan mereka


    Kebiasaan orang – orang sukses yang terakhir dan sulit untuk dilakukan adalah menyeimbangkan kehidupan mereka. Tidak sedikit dari mereka yang terlalul sibuk pada satu sisi dari aspek di kehidupan mereka. Pekerjaan, keluarga, teman, dan kehidupan pribadi haruslah terjalin secara seimbang. Ini akan menentukan baik buruknya kinerja kita dalam mencapai target. Semua yang kita lakukan harus dilakukan secara baik dan seimbang. Jangan biarkan salah satu terlalu mendominasi, sehingga akan berpengaruh buruk pada yang lainnya.

    GO SUKSES...!!!

    No comments: