• Breaking News

    Cara Menghasilkan Uang Dari Internet|Cara Mendapatkan Uang Dari Internet|Cara Cari Uang di Internet|Cara Mendapatkan Uang dari Facebook|Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat|Peluang Usaha Sampingan|Peluang Usaha Rumahan|Butuh Uang Cepat|cara mendapatkan uang dengan mudah

    1 March 2016

    Metode Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini - [Paling di Cari]

    belajar bahasa inggris anak paud
    Bagaimana cara mengajarkan bahasa inggris pada anak-anak? Saat Anda mengajarkan bahasa inggris kepada anak usia dini tentu tidak mudah. Bukan karena bakat ataupun kursus yang dapat menentukan keberhasilan saat Anak-anak bisa fasih berbahasa inggris. Tentunya di perlukan dengan tips dan trik saat mengejarkannya.

    Sekarang bahasa inggris hukumnya wajib di pelajari karena bahasa inggris adalah bahasa international guna menghubungkan komunikasi secara global. Tidak sedikit para orang tua memperkenalkan bahasa inggris pada usia dini.

    Hal tersebut dikarenakan hampir semua tontonan, bacaan dan media komunikasi di sekitar kita menggunakan bahasa inggris. Namun di Indonesia sendiri bahasa inggris belum menjadi prioritas kedua. Tapi di tingkat sekolah dasar bahasa inggris tersebut sudah di masukkan dalam kurikulum khusus.

    Banyak orang tua yang mengaku kesulitan dalam mengajari bahasa inggris, ada juga yang mengkursuskan anaknya tapi belum juga menemukan titik terang sesuai dengan hasil yang di harapkan para orang tua.

    Banyak orangtua yang mengaku sudah pernah mengkursuskan anaknya tetapi masih belum menemukan hasil yang diinginkan. Mereka berpendapat bahwa bahasa Inggris yang dipelajari anaknya tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah atau menganggap anaknya tidak berbakat dalam bahasa Inggris. Biasanya mereka menginginkan proses yang cepat dan instan dalam belajar. Hal ini tidak benar sama sekali, karena bahasa Inggris membutuhkan waktu cukup lama untuk menguasai bahasa Inggris sepenuhnya. Para ahli pun sependapat bahwa tidak ada yang instan dalam belajar bahasa Inggris, karena mustahil bahasa Inggris dapat dikuasai secara cepat. Seperti kebanyakan iklan yang menjanjikan 3 jam atau 1 bulan mahir bahasa Inggris.
    Berbeda dengan metode yang menanamkan persepsi bahwa bahasa Inggris sebagai life skill dan knowledge, metode ini mengutamakan long tem memory pada siswa didik. Ini biasanya diterapkan pada pengajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. Ada beberapa cara mengajarkan bahasa Inggris kepada anak usia dini dengan konsep long term memory yang dicapai, yaitu:
    1. Penuh kesabaran dalam mengajar kepada anak usia dini. Target pengajaran yang dimaksud tidak hanya kesabaran, tapi harus fun, fresh and simple. Karena anak-anak cepat sekali bosan dengan rutinitas yang monoton, maka suasana belajar dibuat senyaman dan semenarik mungkin, juga mudah difahami anak usia dini.
    2. Selalu fokus pada input bukan melulu output. Proses belajar adalah waktu yang panjang bagi anak untuk menerima berbagai pelajaran, anak-anak semakin bertambah kekuatan masa belajarnya dengan pembiasaan dan konsistensi. Maka, hasil yang didapat akan lebih optimal dibandingkan dengan belajar cepat.
    3. Mengajarkan pada anak sebanyak-banyak kosakata yang mudah mereka temukan di sekitarnya, seperti binatang, kendaraan, bentuk, makanan dan minuman, buah dan sayur, keluarga dan sebagainya.
    4. Gunakan media sebagai penunjang belajar anak. Buatlah suasana belajar semakin aktif dan kreatif dengan memberikan media pembantu seperti papan permainan, flashcard, atau cd interaktif yang edukatif dan searah dengan proses pembelajaran.
    5. Libatkan anak untuk mengasah kemampuan mereka dalam mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Bisa menggunakan metode story telling (membaca cerita) dan membiarkan anak memahami isi cerita sesuai bahasanya, lagu dan kegiatan circle time membantu meningkatkan memori belajar anak.
    6. Ungkapan sehari-sehari dalam bahasa Inggris sangat efektif melatih kemampuan mereka, guru dapat mengucapkan setiap pertemuan sebagai pembiasaan seperti “Good Morning”, “How are you ?”, “Put your shoes ont the shelf”, “Sit down please!”, dan ungkapan lain yang berupa sapaan atau perintah sederhana.
    7. Ulang-ulanglah setiap kalimat agar mereka dapat mengingat pada waktu yang cukup lama. Anak usia dini lebih cepat mengingat dibanding orang dewasa, mereka akan mengingat sesuatu yang terus menerus diulang dan menjadi kebiasaan. Anak usia dini membutuhkan proses pembelajaran yang praktis, diulang dan konsisten.
    8. Tidak lupa memberikan mereka reward sebagai hadiah atas prestasi dan semangatnya dalam belajar, biasanya mereka akan tertarik dan termotivasi untuk sama dengan sesama temannya dengan sebuah apresiasi dan pujian, reward biasanya berupa stiker lucu, barang-barang atau makanan ringan.
    Bagaimana bila Anda mencoba saat mengajarkan bahasa inggris kepada Anak-anak menggunakan musik?

    Anak-anak sewaktu kecil seringkali ketika di Taman Kanak-kanak diajari lagu-lagu untuk dihafalkan dan dinyanyikan bersama, bahkan jauh sebelum Taman Kanak-kanak, orangtua sering menyanyikan dan mengajarkan lagu-lagu anak kecil untuk anak mereka. Musik dan lagu di sini berperan tidak sekedar sebagai media hiburan untuk menina bobokan anak tidur, atau pun sekedar kegiatan mengisi luang agar mereka yang menyanyi, aktif melakukan suatu kegiatan. Tidaklah demikian, sebab lewat musik dan lagu, anak-anak juga mempelajari cara melafal berbagai kata dengan baik dan tepat, juga belajar mengenal berbagai ungkapan atau istilah-istilah bahasa yang ada melalui lagu tersebut.

    Ritme serta lirik pada lagu dapat membantu kita mengingat kata-kata lebih baik, terlebih lagi dengan bantuan komponen tersebut, kita dapat memahami pesan lagu lebih dalam dan mengingatnya dalam jangka waktu yang lebih lama.

    Tentunya belajar Bahasa Inggris lewat musik dan lagu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya selain lebih mudah untuk mengingat dan memahami Vocabulary secara lebih efektif, menyanyikan lagu tersebut dapat membantu mengembangkan Pronunciation skills dengan intonasi yang alami, serta mengasah aksen kita agar dapat menyerupai aksen seorang Native Speaker. Selain itu kita dapat mengenal berbagai istilah-istilah serta ungkapan modern yang digunakan saat ini, juga pepatah-pepatah umum lewat lagu. Melalui cara ini, belajar Bahasa Inggris menjadi sangat menyenangkan dan tidak membosankan bagi kita. 

    Apa kata mereka?

    metode pembelajaran bahasa inggris anak usia dini KLIK DISINI


    Kumpulan video ini merupakan salah satu alternatif cara mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak usia dini dengan pendekatan yang unik dan menyenangkan. Keunikannya terletak pada bagaimana menghafal kosakata dengan lagu-lagu yang sudah akrab terdengar ditelinga anak-anak bahkan orang tua dan para pendidik dalam kehidupan sehari-hari.

    Tinggalkan cara mengajarkan bahasa inggris yang jadul dan membosankan Kini saatnya beralih dengan cara yang efisien dan meyenangkan. Untuk lebih tahu banyak tentang bagaimana cara mengajarkan bahasa inggris kepada anak-anak dengan mudah silahkan kunjungi belajar bahasa inggris anak usia dini.

    No comments:

    Fashion

    Beauty

    Travel