• Breaking News

    Cara Menghasilkan Uang Dari Internet|Cara Mendapatkan Uang Dari Internet|Cara Cari Uang di Internet|Cara Mendapatkan Uang dari Facebook|Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat|Peluang Usaha Sampingan|Peluang Usaha Rumahan|Butuh Uang Cepat|cara mendapatkan uang dengan mudah

    15 April 2015

    Pilih Brand Ambassador atau Brand Endorser?

    Bisnis online semakin menjamur di Indonesia. Geliat bisnis online ini membuat para pelakunya giat melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya dengan teknik endorsement yang telah berjalan sekitar dua tahun terakhir.

    Endorsement biasanya dimaknai dengan dukungan, atau semacam rekomendasi. Dalam dunia bisnis online, biasanya para pelaku usaha melakukan endorse atau mendukung tokoh masyarakat dengan memberikan barang dagangan secara gratis alias cuma-cuma.


    Sebagai timbal balik, tokoh masyarakat akan mengunggah foto produk tersebut di dalam akun media sosialnya, seperti Instagram maupun Twitter. Hal itu diharapkan dapat membuat para pengikutnya mengenal online store yang menjual produk tersebut dan berimbas kepada peningkatan penjualan.

    Strategi tersebut dinilai berpengaruh cukup signifikan. Selain bisa meningkatkan brand awareness di kalangan netizen, biasanya jumlah pengikut akun online store yang melakukan endorsing juga akan bertambah. Dengan begitu audiens promosi produk juga akan meningkat.

    Nur Anreza, pemilik Taruwood-produsen berbagai macam produk berbahan dasar kayu, mengakui sistem endorsement melalui tokoh cukup signifikan mendongkrak penjualan. Apalagi jika si tokoh memiliki penggemar yang sesuai dengan target pasar produk.

    “Biasanya teknik endorsement yang paling mudah adalah dengan meminta tokoh untuk berfoto bareng dengan produk yang kita jual, kemudian diunggah ke berbagai media sosial,” katanya.

    Dengan hal tersebut, selain bisa menjaring lebih banyak audiens, juga bisa meningkatkan citra produk. Apalagi, jika tokoh yang berhasil di-endorse tersebut merupakan tokoh yang sangat berpengaruh.

    Meski demikian, Nur mengaku pengaruh dari cara endorsement seperti itu tidak bertahan lama. Untuk itu, dia pun mencoba untuk meng-endorse tokoh dengan lebih profesional dengan tawaran metode kerja sama.

    Salah satu cara lain dari tipe endorsement adalah dengan mengangkat brand ambassador bagi suatu brand produk. Seperti yang dilakukan Keke Busana dengan menjadikan Berliana Febrianti sebagai duta.

    Chief Executive Officer (CEO) Keke Busana, Rendy Saputra, mengatakan para pelaku industri menengah harus mulai bergeser dari brand endorser ke brand ambassador. Hal itu untuk mengukuhkan posisi produk di tengah kalangan masyarakat.

    “Brand ambassador atau brand endorser itu sebagai kanal yang menghubungkan antara produk dan konsumen, sehingga kanalnya benar-benar harus baik supaya produk bisa diterima dengan baik,” katanya.

    No comments:

    Fashion

    Beauty

    Travel